Home » , » Obyek Wisata Curug Luhur Sukabumi

Obyek Wisata Curug Luhur Sukabumi

INGIN Menikmati sensasi air terjun eksotis ? Coba datanglah ke Curug Luhur Sukabumi di Kampung Lemburpasir Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi. Terletak di wilayah Taman nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP), air terjun ini termasuk kawasan wisata yang masih virgin.
Sebab sampai saat ini, TNGP masih menetapkan wilayah tersebut sebagai wilayah konservasi atau cagar alam hutan alami. Sebab, lembaga itu tak mau kelestarian alam di sana rusak oleh tangan jahil.
“Hutan di sekitar air terjun memang masih dilestarikan keberadaanya. Untuk itu, objek alam ini kita batasi. Artinya, tidak setiap orang bisa masuk. Hanya mereka yang khusus untuk melakukan konservasi tumbuhan, itu yang kita terima,” terang Ketua Penggiat Alam Cantigi Ciambar Anton.
Kepada Radar belum lama ini ia mengatakan, karena bukan untuk umum, tidak ada loket karcis ataupun biaya untuk masuk ke area air terjun tersebut. Siapapun yang datang ke sana, harus mengantongi izin TNGP.
Jika ingin mencapai air terjun, perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki. Jaraknya sekitar 2 km dari pos jaga. Awal perjalanan masih terasa menyenangkan, karena jalan datar dan rimbunnya pepohonan damar. rasamala dan sajinten.
“Ada dua bukit yang dilalui untuk mencapai tujuan. Di mana bukit tersebut belum mempunyai tapak jalan. Jadi harus membuat jalan sendiri,” bebernya.
Benar apa yang dikatakan Anton. Setengah perjalanan, kondisi lintasan mulai menukik. Artinya, pengunjung harus hati-hati. Sebab, tanah licin dan cenderung labil.
Itu pun tak berlangsung lama. Setelah menuruni bukit kedua, deras air akan terdengar. Rasa lelah pun hilang begitu melihat air terjun dengan ketinggian 40 meter berada di depan mata. “Yang menjadi beda, dasar air terjun bukan bebatuan. Di sini itu pasir,” tambah Anton.
Bukan sampai situ saja. Di atas dahan pohon damar yang mengelilingi air terjun, pengunjung bisa melihat dari dekat hewan hutan tropis seperti Ow’a Jawa dan Elang Jawa. “Curug Luhur berasal dari kata sunda yang berarti air terjun tinggi. Itu sesuai dengan kondisinya sekarang,” timpal Akin, seorang pemandu. (dri) (Radar Sukabumi)

Harga Bahan Bangunan